Program Pengembangan Infrastruktur Hijau dan Konservasi Lingkungan Hidup di Maros dan Pangkep

Wadjo Institute

Maros (20/10/2012). LSM Wadjo Institute dan PPE SUMAPAPUA bekerjasama melakukan program Pengembangan Infrastruktur Hijau dan Konservasi Lingkungan Hidup yang dikoodinatori oleh Bapak H. Facharuddin Jaya. 

Acara ini terdiri dari Program pencanangan dan  Penanaman Pohon di Kab. Maros dan Program Kampanye Konservasi Lingkungan Hidup di Kab. Pangkep yang berlangsung pada hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2012.

Pada hari itu juga akan dilakukan penanaman pohon produktif berupa buah-buahan dan pohon hutan sebanyak 5000 pohon.

LSM Wadjo Institute juga telah mengadakan Pembekalan Peserta Penanaman pohon penghijauan sebagai salah satu rangkaian Program Pengembangan Infrastruktur Hijau dan Konservasi Lingkungan Hidup pada hari Senin, tanggal 15 Oktober 2012 yang bertempat di Gedung SKB Taman Wisata Bantimurung  Maros. Dimana acara tersebut  dibuka oleh Bapak H. Facharuddin Jaya selaku Koordinator Kegiatan ini.

Pada acara pembekalan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 300 orang yang berasal dari kelompok tani yang datang dari berbagai desa di Kabupaten Maros. Para kelompok tani ini mendapatkan arahan dan pembekalan oleh dua narasumber tentang Penanaman pohon baik secara teknis maupun non teknis yang dipaparkan oleh Bapak Ir. Muh. Nurdin D, M.Si selaku Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Maros serta materi Kebijakan pemerintah dalam Pelaksanaan Konservasi Lahan oleh bapak Drs. Arwin Malik, M.Si selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab. Maros .

Antusiasme peserta yang terdiri dari kelompok tani tersebut dapat dilihat pada jumlah yang membludak memenuhi ruangan serta banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang timbul yang ditujukan kepada kedua narasumber.

Pada hari itu juga, Wadjo Institute membagikan berbagai atribut yang akan digunakan nantinya pada acara pencanangan dan penanaman pohon yang bertempat di Hutan Kota yang terletak di belakang kantor Bupati Maros.

Acara Pencanangan dan Penanaman Pohon akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2012 di belakang kantor Bupati Maros yang dihadiri oleh Bapak Menteri Lingkungan Hidup (Prof. Dr. Balthasar, MBA), Bapak Gubernur Sulawesi Selatan (DR. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH), serta bapak Ir. H. Halim Kalla selaku Anggota DPR RI Komisi VII, Bupati Maros beserta jajarannya, serta masyarakat kelompok tani se-Kabupaten Maros.

Keberadaan program ini dianggap sangat  penting dan bermanfaat bagi kaum tani serta pemerintah setempat dan patut disyukuri terutama bagi masyarakat Kec. Simbang yang menjadi wilayah terpilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini sebagaimana yang dilansir oleh Drs. Idrus, M.Si selakuCamat Simbang saat memberikan kata sambutannya.

 

(Ashari Ramadhani)

This entry was posted in BREAK NEWS, GO GREEN and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>